Daftar Dan Verifikasi NPWP Publisher Google Dikenai Pajak

Daftar npwp

Mengapa harus Punya NPWP? Google Adsense baru-baru ini memberikan kebijakan baru. Tapi Kabar yang diberikan sedikit meresahkan para publisher google di Indonesia. Terutama bagi mereka yang berpendaapatan di internet. Menurut kabar desas-desus yang beredar dikalangan publisher Google mewajibkan semua mitra creator/ publisher untuk memiliki NPWP ( Nomor Pokok Wajib Pajak) kebijakan ini berlaku bagi mitra akun Google Adsense yang baru maupun lama. 

Kehawatiran ini muncul bukan hanya karena takut pendapatan akan terpotong. Namun juga bagaimana kita bisa mendapatkan NPWP ( Nomor Pokok Wajib Pajak ), Sebenarnya Anda membuat NPWP itu  secara gratis dan dengan sangat mudah. Banyak manfaat yang kita peroleh setelah Anda mempunyai NPWP. Terutama bagi kalian yang menginginkam beasiswa. Serta yang hendak mengajukan proposal dana juga bisa digunakan dalam momen penting lainnya biasanya NPWP ( nomor pokok wajib pajak) wajib disertakan didalamnya. Bahkan untuk mengajukan surat-surat tertentu NPWP kadang juga menjadi syarat.

Jangan Takut, tidak akan ada potongan pendapatan. Sebab ada hitungan tersendiri sehingga pemilik NPWP bisa dikategorikan layak atau tidak untuk ditarik pajak. Jadi, jangan ragu untuk memilikinya. Konsekuensinya sederhana. Setiap tahun pemilik hanya diwajibkan melaporkan berapa besar pendapatan yang diperoleh. Yakni, untuk NPWP pribadi/perorangan waktunya paling akhir 31 Maret disetiap tahunya. Anda bisa melaporkanya secata onilne atau bisa langsung datang ke kantor pajak. Laporan itu berisi hitung-hitungan untuk mengetahui apakah sebuah pendapatan sudah layak dikenakan pajak. Bila belum maka pendapatan tidak akan mendapat potongan.

Kalau Anda tidak melaporkan akan dikenai denda Rp.100.000 dan tidak ada kewajiban untuk melampirkan surat-surat tertentu sebagai bukti besarnya pendapatan. Pemilik hanya disuruh mengisi formulir berapa besar pendapatannya. Mau diisi berapapun silakan terserah Anda dan tinggal pilih mau jujur apa tidak. Entah nanti ada audit atau tidak. Tapi khusus untuk NPWP pribadi atau perorangan yang penampilannya jelas-jelas memprihatinkan belum ada kasus pemeriksaan harta kekayaan.

Sebenarnya sebagai warga negara yang bijak sudah seharusnya taat pajak. Sebagai bukti cinta bangsa sekaligus pada pemimpinnya. Pajak digunakan untuk dana pembangunan. Tentu sektor pajak bisa menyasar ke mana-mana. Salah satunya ke Google yang pendapatannya luar biasa. Lalu Google menerjemahkan kewajiban pajak yang ditekankan pemerintah terhadapnya dengan mewajibkan mitranya memiliki NPWP segera.

Pilih NPWP Pribadi Atau Perorangan


Bila kalian ingin memiliki NPWP lebih cepat (butuh sekitar satu hari kerja bahkan terkadang lebih cepat) maka kami sarankan untuk langsung ke kantor pajak (KPP Pratama) terdekat. Kota lokasi kantor pajak harus sesuai dengan alamat KTP pengajunya. Sedang bagi pendatang bisa menggunakan surat keterangan domisili dari kantor kelurahan terdekat. Bila tidak mendesak (butuh sekitar 3-7 hari kerja bahkan kadang lebih) dianjurkan untuk membuatnya via online. Ini tentu sangat baik karena Anda tak perlu mengambil nomor antrian yang kadang harus berdesak-desakan.

Sebenarnya NPWP pribadi atau perorangan ada dua yakni:

1. NPWP untuk karyawan
2. NPWP untuk wiraswasta (usahawan ).

Walaupun sama-sama NPWP persyaratan yang deperlukan untuk memelikinya berbeda. Untuk pembuatan NPWP karyawan biasanya sudah diakomodir oleh badan yang menaunginya seperti perusahaan tempat anda bekerja. Lebih baik Anda datang sendiri tanpa diwakilkan teman atau keluarga. Apalagi melalui jalan calo atau konsultan.

Berikut ini syarat pembuatan kartu NPWP :


 1. Bagi Karyawan/pegawai

    a. Foto copy KTP
    b. Foto copy SK PNS, Sk
        Guru/Dosen, Bisa juga       
        menggunakan surat keterangan
        kerja.
    c. Isi formulir pengajuan
        kepemilikan NPWP yang
        disediakan kantor pajak.

2. Bagi Wiraswasta/usahawan
 
     a. Foto copy KTP
     b. Foto copy surat keterangan
         usaha minimal dar kelurahan
     c. Isi formulir surat pernyataan
         bermaterai 6000 (formulir
         sudah disediakan kantor pajak,
         pengaju tinggal menyediakan
         materai )
     d. Isi formulir pengajuan
         kepemilikan NPWP yang sudah
         disediakan kantor pajak.

Solusi Bagi Publisher Yang Belum Bekerja


Adapun bagi pemilik akun Googel Adsense yang belum mempunyai pekerjaan ada solusi untuk mengatasinya. Kalian bisa melakukan secara online maupun langsung datang ke kantor pajak. Hal terpenting yang harus Anda lakukan adalah meminta surat keterangan bekerja dari kantor kelurahan. Yang didalamnya menyatakan bahwa kalian telah mempunyai pekerjaan dan penghasilan. Entah itu kerja sampingan, freelance, dan lainya. Untuk syarat yang lain Anda cukup menyesuaikan dengan syarat yang telah dijelaskan di atas.

Dengan mengetahui persyaratn untukendapatkan kartu NPWP kalian sudah ada persiapan yang matang. Tidak perlu bolak-balik untuk menfoto copy persyaratan. Setelah semua syarat sudah lengkap dan dinyatakan diterima. Selanjutnya kartu NPWP akan dikirimkan melalui paket pos kepada pemohon sesuai alamat KTP yang diajukan. Untuk masalah biaya pemohon tidak dikenakan biaya tambahan sepeserpun karena semua biaya sudah ditanggung oleh pemerintah.
Previous Post Next Post